Kamis, 01 November 2012

Hadist Tentang Alat Pendidikan



Nama               : Hanifah Muslimah
Kelas               : KI-A/IV
NIM                : 1210201041

1. Pengertian Alat Pendidikan
            Secara umum, alat pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Ahmad D. Marimba membagi alat pendidikan ke dalam tiga bagian:
(1) Alat-alat yang memberikan perlengkapan berupa kecakapan berbuat dan pengertian hafalan. Alat-alat ini dapat pula disebut alat-alat pembiasaan.
(2) Alat-alat untuk memberi pengertian, membentuk sikap, minat dan cara berfikir.
(3) Alat-alat yang membawa ke arah keheningan batin, kepercayaan dan pengarahan diri sepenuhnya kepada-Nya
2. Hadits tentang Alat Pendidikan
حدثنا أبو نعيم حدثنا سفيان عن علقمة بن مرثد عن ابى عبد الرحمن السلمى عن عثمان بن عفان قال : قال النبى ص.م. إن أفضلكم من تعلم القران وعلمه  
Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Al-Qomah bin Martsad dari Abi Abdurrahman Assulami dari Utsman bin Affan dia berkata: telah bersabda Nabi SAW. Sesungguhnya orang yang paling utama diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran kemudian mengajarkanya (kepada orang lain).
3. Arti per-kata/ Mufradat
إن : Sesungguhnya
 أفضلكم : orang yang paling utama diantara kalian
 من تعلم القران : Al quran orang yang mempelajari (adalah)
وعلمه : (kepada orang lain) mengajarkannya (kemudian)
4. Susunan Rawi
Nabi Muhammad SAW
 


Utsman bin Affan
                                            
Abi Abdurrahman Assulami
Al-Qomah bin Martsad
Sufyan
Abu Nu’aim
Shahih Bukhari
 








5. Penjelasan Matan Hadist
Universal
Kontemporer
Lokal
ü  menurut saya hadist ini masih termasuk ke dalam jenis matan hadist Universal, karena Al-Qur’an dari dulu hingga sekarang adalah sebagai pedoman hidup dan alat pendidikan bagi manusia hingga akhir hayat.



6. Implikasi terhadap Pendidikan
Manusia selain diciptakan sebagai makhluk Allah yang paling mulia, ia juga diciptakan sebagai khalifah di muka bumi  dan berfungsi sebagai makhluk paedagogik, yaitu makhluk Allah yang dilahirkan dengan membawa potensi yang dapat dididik dan mendidik. Apabila potensi itu tidak dikembangkan, niscaya ia kurang bermakna dalam kehidupan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan dan pengembangan itu senantiasa dilakukan dalam usaha dan kegiatan pendidikan (proses pendidikan).
            Untuk mencapai tujuan, pendidikan memerlukan berbagai alat yang dikenal dengan istilah media pendidikan, audio visual, alat peraga, sarana dan prasarana pendidikan, dan sebagainya. Media pendidikan meliputi segala sesuatu yang dapat membantu proses pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena pendidikan Islam mengutamakan pengajaran ilmu dan pembentukan akhlak, maka media untuk mencapai ilmu adalah media pendidikan ilmu, sedangkan media untuk pembentukan akhlak adalah pergaulan. Dan kedua media itu berdasarkan kepada ajaran-ajaran yang ada dalam Al-Qur’an.
            Seorang guru dianjurkan untuk mengetahui dan memahami ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang kemudian diajarkan kepada peserta didiknya. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist di atas bahwa yang paling utama diantara kalian adalah seorang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya. Karena di dalam Al-Qur’an banyak sekali ilmu-ilmu, nasehat-nasehat, cerita-cerita, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar